Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama antara pihak Yayasan Indonesia Hijau yang diwakili oleh Sdri. Riha dengan pihak Universitas Pamulang yakni Kelompok PKM Mahasiswa Prodi Manajemen sebanyak 5 orang Mahasiswa dengan sususnan Team PKM sebagai berikut:  didampingi oleh seorang Dosen Prodi Manajemen yakni ibu Rahmayanti Tumanggor S.Ag., M.M., Sebagai sasarannya adalah anak-anak binaan Lapak Jatipadang yang tergabung dalam Yayasan Indonesia Hijau sebanyak 20 anak.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan metode yang komunikatif dan atraktif. Diawali dengan pemaparan materi yang bukan hanya menampilkan narasi dari pemateri tetapi juga menayangkan audio visual yang menarik minat anak-anak. Kemudian diselingi dengan sesi tanya jawab mengenai  pengrtahuan dan  keingin tahuan para siswa mengenai tema yang disampaikan. Tidak hanya sampai disitu; suasana semakin mencair ketika para mahasiswa menampilkan ice breaking motivasi dan  games yang menarik, lalu diberikan hadiah kepada anak-anak yang bisa mengikuti dan menjawab. Nilai positifnya  dalam kegiatan ini adalah anak-anak menjadi antusia mengikuti kegiatan yang sebelumnya mereka tidak tahu mengenai sejarah dan sekarang menjadi tahu dengan cara yang tidak menggurui.

Mengingat kondisi sekarang masih dalam wabah Pandemi Covid 19; maka kegiatan PKM ini dilangsungkan di Mushalla At-Taqwa dikarenakan ruangan belajar Lapak Jatipadang yang tidak memadai dan tidak luas. Kami tetap menerapkan protocol kesehatan dengan hanya mengundang sebanyak 20 anak-anak dalam binaan Yayasan Indonesia Hujai-Lapak Jatipadang yang didampingi oleh 1 orang Guru/Realwan dari Yayasan Indonesia Hijau. Selama kegiatan berlangsung semua peserrta yang hadir menjalankan protokol kesehatan yang ketat yakni menggunakan masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menghimbau dan  mengajak anak-anak kembali mengenal identitas dirinya sebagai bagian dari Negara Keastuan Republik Indonesia dan mergenalkan sejarah perjalanan berdirinya Negara ini. Para Mahasiswa menjelasakan bahwa  anak-anak perlu mengetahui dan mempelajari  sejarah sebagai wujud identitas dan membentuk karakter jiwa nasionalisme dalam diri anak-anak tersebut.

Kelebihan dalam kegiatan ini adalah anak-anak menjadi antusias dan mengikuti kegiatan yang sebelumnya mereka tidak tahu mengenai sejarah dan sekarang menjadi tahu.

Tidak hanya sampai disini, Team Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) Mahasiswa juga melakukan kegiatan berbagi. Yakni kegiatan sosial berupa pemberian kebutuhan bagi proses pembelajaran anak-anak di ;apak Jatipadang. Dalam hal ini, para Mahasiswa Team PKM memberikann 2 buah unit kipas angin. Pemberian dilakukann dari Team PKM kepada perwakilan dari Yayasan Indonesia Hijau yang diwakili oleh Sdri. Riha.

Semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dapat menjadi salah satu sarana dan wadah yang positif dan bermanfaat serta saling bersinergi antara kami civitas akademika (Mahasiswa dan Dosen) dengan masayarakat sekitar, yang salah satunya diwakili oleh anak-anak di bawah naungan Yayasan Indonesia Hijau. Cakupan kegiatan PKM ini akan kami lanjutkan ke depannya; yang menjadi sasarannya bukan hanya siswa namun juga masyarakat yang lebih luas lagii, juga para pendidik di sekolah yakni Guru-guru sebagai Sumber Daya Manusia yang juga berperan aktif dan memiliki tanggung jawab yang sama dalam menciptakan generasi muda penerus bangsa yang mau mengakui identitas kebangsaannya sebagai bagian dari warga negara Keastuan Republik Indonesia.

Penutup : Jangan inat lelahnya belajar,tapi ingat buah manisnya yang bisa di petik kelak Ketika sukses.

Penulis : Syahril Sumarna, Rahmayanti Tumanggor,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *